Connect with us

9Info.co.id.BATAM – Inovasi di sektor transportasi seperti tidak ada habisnya. Perusahaan asal Jerman, Volocopter, siap menyediakan transportasi taksi terbang untuk rute Indonesia ke Singapura.

Dikutip dari situs straitstimes.com, Volocopter bersama dengan Skysports berencana membuka layanan taksi terbang di Singapura pada tahun 2024. Pada tahap awal, rute pertamanya yakni penerbangan di Pulau Sentosa dan Marina Bay.

Layanan taksi terbang ini juga direncanakan akan melayani rute antar negara seperti ke Malaysia dan Indonesia. Terbang langsung dari Seletar dan Changi menuju Melaka, Batam, serta Bintan. Adapun penerbangan menuju Batam disebut hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Sebelumnya, Volocopter pernah menguji coba penerbangan di Singapura, tepatnya pada tahun 2019 lalu. Waktu itu, wahana terbang tersebut sukses mengudara selama 3 menit di sepanjang tepi laut Marina Bay.

Dengan kesepakatan yang dibuat bersama Skysports, nantinya akan ada pengembangan dan pembangunan infrastruktur seperti terminal dengan berbagai fasilitas pendukung ekosistem taksi terbang dan pusat pelatihan pilot.

Volocopter menggunakan unit VoloCity, taksi udara yang memiliki 18 baling-baling menyerupai drone dan mampu menampung 2 orang. VoloCity mengusung 9 baterai lithium-ion. Taksi udara ini sudah dikembangkan sekira 10 tahun.

VoloCity dapat menempuh jarak 35 km dengan kecepatan 90 km/jam. Selain itu ada model dengan konfigurasi empat tempat duduk yakni VoloConnect yang mampu menempuh lebih dari 100 km dengan kecepatan 180 km/jam.

Wahana terbang tersebut sudah menggunakan teknologi yang dapat melakukan lepas landas dan mendarat secara vertikal atau eVTOL. Keuntungannya sistem seperti ini tidak membutuhkan banyak tempat, seperti pada gedung-gedung tinggi.

Chief Commercial Officer Volocopter Christian Bauer mengatakan setidaknya dibutuhkan 10 sampai 20 armada taksi terbang, agar layanan tersebut dapat terjangkau bagi masyarakat umum.

Menyoal tarifnya, dikutip dari robbreport.com, sebagai gambaran sekali perjalanan yang memakan waktu 15 menit penumpang harus merogoh kocek 355 dolar AS atau setara dengan Rp 5 jutaan.

Sumber: kumparanOTO

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Tunjukkan Kecintaan kepada HMR, Masyarakat Batam Antusias Ikuti Open House di Perumahan Rosedale

Tunjukkan Kecintaan kepada HMR, Masyarakat Batam Antusias Ikuti Open House di Perumahan Rosedale

9Info.co.id | BATAM – Ribuan warga tampak antusias saat menghadiri sambang griya atau Open House hari kedua di kediaman Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Perumahan Rosedale Batam Center, Kamis (11/4/2024).

Tidak hanya masyarakat umum, sejumlah kalangan mulai dari pejabat teras di lingkungan BP Batam, Pemerintah Kota Batam, DPRD Kota Batam, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga komunitas ojek online pun ikut mengantre untuk dapat bersalaman langsung dengan H. Muhammad Rudi dan istri tercinta, Hj. Marlin Agustina.

Tingginya antusiasme dari masyarakat yang hadir ini menunjukkan kecintaan yang luar biasa kepada Muhammad Rudi yang sukses membangun Batam dalam beberapa tahun terakhir.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu yang telah meluangkan waktu untuk hadir. Semoga kekompakan dan tali persaudaraan ini bisa terus terjaga,” ujar Muhammad Rudi di sela kegiatan.

Pada kesempatan ini, Muhammad Rudi berpesan agar seluruh elemen masyarakat dapat terus mendukung pengembangan Batam ke depan.

Pasalnya, BP Batam telah menyiapkan beberapa rencana strategis guna mewujudkan cita-cita “Batam Kota Baru”.

Di antaranya adalah pembangunan Bundaran Punggur, pembangunan Fly Over Sei Ladi, pengembangan Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar hingga percepatan realisasi proyek strategis nasional Rempang Eco-City.

Rudi berhadap, program-program tersebut dapat terealisasi dengan maksimal dan mampu memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Batam sepanjang tahun 2024.

“Saya ingin masyarakat merasakan betul dampak dari kemajuan Batam. Sehingga, seluruh sektor industri pun dapat bangkit dan memberikan stimulus ekonomi kepada masyarakat,” pungkasnya. (DN)

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain