Connect with us

9info.co.id – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH melakukan Launching Pelayanan Perekaman dan Pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di 10 Kecamatan secara virtual dari Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (8/6/2022)

Mengawali bimbingan dan arahannya Bupati menyapa camat dan warga di 10 kecamatan yang mengikuti kegiatan launching melalui aplikasi virtual zoom.

“Hari ini kita melakukan launching Perekaman dan Percetakan KTP-el di 10 Kecamatan di Simalungun yakni Kecamatan Purba, Ujung Padang, Dolok Silau, Bandar, Siantar, Tanah Jawa, Tapian Dolok, Sidamanik, Girsang Sipangan Bolon dan Bosar Maligas,”kata Bupati.

Disampaikan Bupati, bahwa pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el di Kecamatan sangat dinantikan oleh masyarakat Simalungun yang jauh dari ibu kota Simalungun yaitu di Pamatang Raya.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang jauh-jauh dari kecamatan ke Raya untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el cukup di kecamatan dan pelayanan ini gratis tidak di pungut biaya, tidak perlu lagi datang ke calo, lengkapi saja persyaratan nya antar ke kecamatan,”pungkas Bupati.

Usai melakukan Launching, selanjutnya Bupati didampingi Wakil ketua DPRD Elias Barus, Sekda Esron Sinaga, Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama serta sejumlah pimpinan OPD melihat langsung proses Perekaman dan Pencetakan KTP-el.

Dalam kesempatan ini Bupati menyerahkan KTP-el yang sudah selesai di cetak kepada Jan Cris (17 THN) warga Kecamatan Purba.

BUPATI SIMALUNGUN, RADIAPOH H.SINAGA,SH.MH.

“Kita sudah melihat proses perekaman dan Pencatakan ini sangat mudah dan cepat hanya 15 menit langsung selesai, dan paling lama 45 menit itu karena menunggu verifikasi data dari Dukcapil Pusat yang terkendala karena teknis jaringan,”kata Bupati

“Artinya ini sangat membantu masyarakat kita dalam efisiensi waktu memperoleh pelayanan, Pemerintah hadir memberikan solusi untuk hal ini. Kedepan di tahun 2024 kami berharap ini bisa di lakukan di 32 kecamatan di Simalungun, ini akan terus berkelanjutan,”imbuh Bupati.

Untuk mewujudkan hal itu, Bupati menyampaikan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, harus ada dari dukungan dan kerjasama masyarakat Simalungun melalui taat membayar Pajak, karena pajak merupakan rohnya pembangunan di kabupaten Simalungun. Bupati juga menyampaikan bahwa blangko KTP-el cukup ketika masyarakat mau mencetak KTP.

Sebelumnya wakil Ketua DPRD Simalungun Elias Barus menyampaikan bahwa DPRD Simalungun sangat mengapresiasi kegiatan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el yang dilakukan oleh Pemkab Simalungun.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini yakni launching pelayanan KTP-el di kecamatan, ini sangat membantu untuk masyarakat kita. Kami berharap kita bersama mendukung agar ini semua berjalan dengan baik, dan Kecamatan diharapkan agar bekerja maksimal sehingga pelayanan kepada masyarakat terlaksana sesuai dengan mesti nya,”kata Elias Barus.

Sementara itu, Eva Situmeang mewakili Dinas Dukcapil Sumatra Utara melalui virtual zoom menyampaikan Apresiasi atas pelaksanaan perekaman dan pencetakan KTP-el yang dilakukan Pemkab Simalungun. “Semoga pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) semakin baik di Kabupaten Simalungun melalui percepatan pelayanan di kecamatan,”katanya.

Launching pelayanan dan perekaman KTP-el di 10 kecamatan Kabupaten Simalungun juga diikuti oleh Dirjen Pendaftaran Penduduk Kemendagri David Yama melalui aplilkasi zoom meeting.

David menyampaikan bahwa tugas pelayanan itu tidak mudah banyak rintangan yang dihadapi namun itu semua bisa diatasi dengan bekerjasama. Adanya launching KTP-el di 10 kecamatan di Simalungun tentu memudahkan pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Kami dari Pemerintah Pusat sangat mengapresiasi ini. Jadi lakukan dengan baik untuk kecamatan apa yang menjadi tugasnya. Dan Jika dilakukan di kecamatan maka harus diselesaikan di kecamatan tidak lagi di oper ke Disdukcapil,”kata David.

“Jika ini berhasil maka tambah pelayanan, seperti kita tahu bawah di Dukcapil ada 24 pelayanan, kita berharap pelan-pelan di bawah kepemimpinan bapak Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ini semua akan terlaksana,”tambah David seraya berpesan kepada Pemkab Simalungun melalui Disdukcapil dan kecamatan agar lebih mengedukasi masyarakat agar melek digital.

Usai melaksanakan semua rangkaian acara launching, kemudian Bupati di dampingi Wakil Ketua Tampak DPRD melakukan penanaman bunga di taman Tiga Runggu. Kegiatan itu juga hadir antara lain Camat Purba Bangun Siregar, Mewakili Kapolres Simalungun AKP P Sihombing, Mewakili dandim Lettu Inf Aranpinus Sitompul dan Seluruh Pangulu dan Lurah se-Kecamatan Purba. (sim)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Tepat di HUT Ke-1 HPSI,  Drs.Gidion Purba.M.Si, Kukuhkan Kepengurusan DPC HPSI Kota Batam.

HPSI BATAM

9Info.co.id | BATAM – Drs.Gidion Purba, M.Si, Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI), di dampingi Sekretaris umum DPP HPSI Rohdian Purba,S.Si.,M.Si dan Gregorius Purba.,SE. Wakil Ketua DPP HPSI melaksanakan prosesi pelantikan kepengurusan Dewan Pimpinaan Cabang (DPC) HPSI Kota Batam dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) 4 sektor wilayah di Kota Batam. Senin (11/3/2024).

Walaupun dalam acara pelantikan ini hanya dihadiri para pengurus DPC HPSI Kota Batam dan pengurus dari DPAC dari 4 Wilayah Sektor yang ada di Batam. Acara berlangsung khidmat, sebab diawali dengan acara ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt.Almer Purba.M.Th.

Bertempat di Gedung Atrium Eco Edu Park Panbil, tampak DPP HPSI secara resmi mengukuhkan dan memberikan mandat untuk memimpin dan mengembangkan organisasi HPSI kepada Berton Purba, ST. sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPSI Kota Batam, Rahmat AK.Purba Sebagai Sekretaris dan Jumpa Rajoki Tondang Sebagai Bendahara DPC HPSI Kota Batam.

Dalam moment ini, Ketua Harian DPP HPSI Drs.Gidion Purba M.Si juga menegaskan komitmennya untuk mendukung dan memfasilitasi berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPC HPSI Kota Batam di bawah kepemimpinan Berton Purba.

pengurus DPC HPSI batam

Pengurus dan Penasehat DPC HPSI Batam

“Kehadiran Berton Purba sebagai Ketua DPC HPSI Kota Batam diharapkan akan membawa semangat baru dan energi positif dalam menggerakkan roda perekonomian serta memperkuat solidaritas HPSI di kota Batam ini. Tidak lupa DPP HPSI menyampaikan apresiasi atas kinerja Tim Formatur yang telah berhasil membentuk kepengurusan DPC HPSI Kota Batam, yakni Ir.Jamartuah Purba dan Ir.Laiden Purba”, imbuhnya.

Gidion Purba juga menambahkan, “Sesuai instruksi Ketua Umum DPP HPSI , Mangapul Purba.SE. DPP HPSI menekankan pentingnya solidaritas dan kerja sama yang baik dalam memajukan kegiatan dan program HPSI di Batam. Ia juga menggarisbawahi komitmen untuk mewujudkan visi dan misi organisasi dalam mendukung kesejahteraan masyarakat Simalungun di wilayah ini”, ucapnya.

DPP HPSI

Pengurus DPP HPSI

Hal senada disampaikan Sekretaris umum DPP HPSI, Rohdian Purba. S.Si.,M.Si. “Pelantikan ini menjadi momentum penting bagi HPSI dalam mengembangkan jaringan dan memperluas pengaruhnya di tingkat lokal. Apalagi tepat pada hari ini, Senin (11/3) merupakan hari bersejarah bagi HPSI. Tepat pada hari ini, ulang tahun pertama berdirinya HPSI”, Jelas Rohdian.

Selain Komunitas Marga Purba Simalungun yang ada di Batam, Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) menaungi seluruh sub marga Purba Simalungun, diantaranya, Marga Purba Pakpak, Tambak, Dasuha, Sigumonrong, Sidadolog, Tua, Tondang, Tanjung, Siboro, Tamsar, sidagambir, Silangit, dan Girsang.

“Para pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan integritas, serta bersinergi dengan semua pihak dalam menjalankan program-program yang akan diimplementasikan”, harapnya.

Hal senada disampaikan ketua DPC HPSI Kota Batam. Menurut Berton menghadapi tantangan ekonomi dan sosial yang semakin kompleks, dia pun menekankan pentingnya persatuan dan kerjasama di antara anggota HPSI Kota Batam, terutama bagi keluarga marga Purba yang tersebar di kota ini.

“Kita harus bersatu untuk saling memajukan keberhasilan dan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh anggota masyarakat, khusunya keluarga besar marga Purba.Dalam moment ini DPC HPSI Kota Batam juga telah mengukuhkan 4 DPAC HPSI, diantaranya . DPAC HPSI Batu aji – Sagulung, DPAC HPSI Batam Center Sei Panas, DPAC HPSI Nongsa, dan DPAC HPSI Tiban – Sekupang.” ujar Berton.

HPSI BATAM

HPSI BATAM

“Melihat potensi dan SDM yang dimiliki keluarga besar marga Purba yang tersebar di kota Batam pada saat ini, kita yakin akan harapan dan cita – cita mampu kita gapai bersama kedepan”, Jelas Berton.

Acara pelantikan ini juga disambut baik oleh para tokoh dan para penasehat HPSI kota Batam. Besar harapan agar HPSI dapat menjadi mitra yang dapat di andalkan dalam berbagai upaya pembangunan dan peningkatan SDM yang unggul kedepan di kota Batam.

Dengan semangat baru dan komitmen yang kuat, diharapkan HPSI dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Simalungun di kota Batam. (Mat).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain