Connect with us

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menemui seribuan komunitas Pomparan Raja Sonang serta marga-marga lainnya di Batuaji,

9info.co.id – Di sela-sela kunjungan kerja ke Batam, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menemui seribuan komunitas Pomparan Raja Sonang serta marga-marga lainnya di Batuaji, Kota Batam Kepri, pada Selasa malam, (6/9/2022).
Pertemuan yang diinisiasi Ketua Pembangunan Tugu ‘ _Namangolu’_ Raja Gultom Se-dunia, Albert Gultom ini diawali makan malam bersama seluruh pomparan Raja Sonang dan marga lainnya di Batam.
“Pertemuan ini untuk menyambut _parhobas bonapasogit ta Samosir_, Pak Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom yang hadir di Kota Batam dalam program kunjungan kerja dan menyempatkan diri hadir bersama kita,” jelas Albert Gultom.
Menurutnya, sebuah kehormatan bagi warga batak di Batam dapat bertemu pemimpin muda dari pomparan Si Raja Sonang dan marga lainnya sehingga dapat menyampaikan dukungan serta aspirasi perantau kepada bonapasogit Samosir.
“Ini merupakan sebuah malam keakraban sekaligus deklarasi dari para perantau untuk membantu Pemkab Samosir mendukung roda pembangunan wisata dengan mendorong warga Batam berwsiata di Samosir serta mendukung program pertanian dari Dinas Pertanian Samosir untuk mewujudkan ‘pangula nature,” tegas Albert Gultom usai menerima kaos khusus dari Bupati Samosir.
Pengusaha muda Albert Gultom yang juga Ketua DPD Perindo Kota Batam ini bahkan telah menyumbangkan baliho iklan besar ukuran 6 x 12 meter berisi ajakan berwisata ke Samosir.
Mendapat sambutan meriah dari komunitas pomparan Raja Sonang dan marga lainnya di Batu Aji Kota Batam ini, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom mengaku terharu dan bersemangat.
“Sambutan ini memberikan semangat baru bagi saya seorang parhobas milenial untuk lebih meningkatkan pembangunan di Samosir demi peningkatan kesejahteraan rakyat bonapasogit,” ujar Vandiko Timotius Gultom.
Vandiko Gultom juga menyampaikan apresiasi atas dukungan kepada pariwisata Samosir dengan terus mendatangkan wisatawan serta mendukung program pertanian Samosir.
“Dukungan doa dan materil para perantau sangat kami butuhkan, karena dengan sinergitas ini, pasti pembangunan Samosir akan lebih baik,” pungkasnya.
Hadir pada kegiatan tersebut Tokoh Pemerhati Pembangunan Samosir Ir Ober Gultom, MT dan Istri Nyonya Ober br Panjaitan, Pemerhati Sosial, Budaya dan Pariwisata Samosir Ria Gurning, Sekda Samosir Hotraja Sitanggang, ST, MM, Kadis Pertanian Tiur Gultom, Kadis Pariwisata Tetti Naibaho, Kadis Kominfo Ricky Rumapea, Kadis Perijinan Pilipi Simarmata, Kepala Bappeda Rajoki Simarmata
serta para tim Bupati Percepatan Pembangunan Pemkab Samosir
Juga hadir tokoh perantau bonapasogit di Batam, Hotman Gultom, Ando Gultom, Mangintua Gultom, Sudarman Samosir, Monang Nainggolan dan Tumpal Pakpahan, Andry Harianja, Jisman Sitinjak serta dihibur oleh artis Nauli Sister Trio.  (lsm)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

SPAM Batam Gesa Perbaikan dan Peremajaan IPA di Kota Batam

SPAM Batam Gesa Perbaikan dan Peremajaan IPA di Kota Batam

9Info.co.id | BATAM – Direktur Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Batam, Denny Tondano menanggapi keluhan yang diutarakan oleh masyarakat terkait gangguan air di beberapa lokasi perumahan di Kota Batam, salah satunya adalah Perumahan Happy Garden, Nagoya.

Dalam kesempatan pertama, Denny menjelaskan gangguan tersebut terjadi diakibatkan oleh kerusakan pipa. Perbaikannya sendiri membutuhkan waktu dan cukup rumit karena lokasi kerusakan terletak di median jalan yang sudah dicor dan digunakan sebagai lalu lintas utama.

“Sebagai langkah perbaikan, kami telah menemukan jalur pipa alternatif untuk memindahkan suplai ke kawasan Happy Garden, yaitu dengan jalan mengebor 1,5 meter di bawah jalan untuk menuju pipa utama yang lain,”

“Saat ini kami tengah bekerja keras untuk melakukan perbaikan. Untuk itu, kami mewakili seluruh jajaran pimpinan dan staf BP Batam memohon maaf atas ketidaknyamanan dan kerugian yang timbul karena gangguan suplai air,” ujarnya pada Jumat (12/7/2024).

Selain itu, Denny juga menjelaskan secara singkat perkembangan pemasangan pipa SPAM sejak dua tahun terakhir.

“BP Batam telah membangun pipa berkapasitas 370 lps di Waduk Muka Kuning untuk mengakomodir kebutuhan air bersih pelanggan yang sebelumnya 280 ribu pelanggan pada tahun 2021, sampai tumbuh hingga 317 ribu pelanggan per bulan Juni 2024,” jelas Denny.

Akan tetapi, kenaikan jumlah pelanggan tersebut mengakibatkan defisit jumlah air bersih di Kota Batam sekitar 300 lps. Sehingga gangguan minor pun akan berdampak langsung pada suplai air ke pelanggan.

Berita baiknya, BP Batam telah memulai pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru berkapasitas 500 lps di Waduk Duriangkang dan 230 lps di Waduk Tembesi.

Perkerjaan ini diproyeksikan selesai pada Desember 2024 dan Kota Batam diharapkan akan surplus air sebesar 230 lps setidaknya sampai akhir tahun 2025.

Denny melanjutkan, selama tahun 2024 dan 2025 BP Batam akan fokus memperbaiki fasilitas Instalasi Pengeolahan Air Minum (IPAM) eksisting berupa pompa, filter, dan sistem perpipaan yang uzur agar gangguan terhadap masyarakat dapat diminimalisir.

“Kami juga memastikan tambahan air yang siap pada akhir tahun 2024 bisa tersalurkan ke daerah-daerah kritis air, seperti area perumahan Buana Vista, Bukit Raya, Marina, Geysa Eterna Marina, Tanjung Riau, Tiban, Taman Sari Hijau, Cipta Land, Lavender, Bengkong, Baloi, Kampung Utama, Jodoh Permai, dan lainnya,” ujar Denny.

Terakhir, ia menegaskan SPAM Batam bersama PT. Air Batam Hilir akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara bertahap, guna mendukung penuh keberlangsungan usaha sektor pariwisata dan mengakomodir kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Kota Batam. (DN).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain