Connect with us

9Info.co.id.SIMALUNGUN- Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan melakukan pertemuan silahturahmi pimpinan perusahaan BUMN, Swasta dan para pengusaha lokal di Kabupaten Simalungun dalam rangka semangat Marharoan Bolon (bergotong royong)bertempat di Niagara hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (10/3/22)

Dalam pertemuan itu, Bupati Simalungun menyampaikan bahwa pertemuan ini sangat luar biasa dimana semua stakeholders terutama para pimpinan perusahaan baik BUMN, Swasta maupun Pengusaha Lokal yang ada di wilayah Simalungun hadir dalam pertemuan silahturahmi tersebut.

”Kami memang mengakui, Pemkab Simalungun tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dan sinergitas, kolaborasi dari semua pihak termasuk para pimpinan perusahaan yang ada di daerah ini. Saya kira Ini merupakan awal yang baik kedepan untuk membawa Simalungun yang lebih baik, karena dalam pertemuan ini saya lihat begitu antusiasnya para pimpianan perusahaan, punya kepedulian buat Simalungun,”kata Bupati.

Selanjutnya, terkait dengan pemberian izin terhadap pengusaha yang akan berinvestasi di Kabupaten Simalungun, Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun melalui instansi terkait akan mengambilkan langkah terobosan agar dapat bersinergi dengan perusahaan berupa bimbingan, pembinaan maupun berupa arahan apa yang diperlukan oleh perusahaan.

“Pemkab Simalungun membuka pintu lebar-lebar dan memberikan regulasi kemudahan kedepan agar investor tertarik untuk menanamkan investasi yang lebih besar lagi di Simalungun. Mari sama-sama kita bangun Simalungun untuk kesejahteraan masyarakat,”terang Bupati.

Dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan, Bupati mengharapkan, adanya peningkatan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Simalungun, terutama dari sektor PBB.

“Saya berharap tahun ini ada peningkatan melalui sosialisasi kepada seluruh masyarakat Simalungun, karena masih banyak PBB yang belum tersentuh selama ini termasuk juga dalam hal penyempurnaan pajak,”kata Bupati sembari mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak, karena dari pajaklah pembangunan dapat terlaksana.

Disamping itu, Bupati juga berharap kepada para media untuk turut memberikan masukan maupun saran kepada pemerintah melalui koordinasi dengan perusahaan-perusahaan di wilayah Simalungun.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Simalungun yang menginisiasi pertemuan dengan para perusahaan melalui kegiatan silahturahmi, yang diharapkan dapat merangkul perusahaan-perusahaan baik BUMN, Swasta maupun perorangan untuk ikut bersama-sama, berkontribusi atau marharoan Bolon (gotong royong) untuk membangun Simalungun sesuai dengan peranya masing-masing.

“Mungkin kalau dia perusahaan ada CSR bisa dikoordinasikan dengan pemerintah sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat Simalungun,”kata Timbul.

Kemudian lanjut Timbul, ada kontribusi pajak, retribusi lainnya termasuk PBB, bagaimana ini dapat dioptimalisasikan. “Tentu melakukan komunikasi dan bekerjasama dengan semua stakeholders yang ada di Kabupaten Simalungun,”ujarnya.

Oleh karena, lanjut Timbul, ini terobosan baru yang dilakukan Pemkab Simalungun dalam upaya mendukung peningkatan PAD yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat Simalungun.

Sebelumnya, Sekda Simalungun Ersron Sinaga dalam laporannya menyampaikan, sejak mewabahnya virus Covid- 19 yang telah berlangsung selama 2 (dua) tahun lebih, sehingga ada kerinduan Pemkab Simalungun untuk menyapa para pengusaha BUMN dan swasta maupun pengusaha lokal yang ada di Kabupaten Simalungun pada momen silahturahmi dan semangat marharoan bolon di bumi Habonaron Do Bona yang kita cintai ini.

Pertemuan silahturrahmi tersebut, menurut Esron, dalam rangka menjalin hubungan kerjasama antara Pemkab Simalungun dengan seluruh pengusaha yang ada di Kabupaten Simalungun. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memutus hubungan kesenjangan antara pemerintah dengan pengusaha BUMN, swasta maupun perorangan yang ada di Kabupaten Simalungun.

Diakhir acara tersebut Bupati Simalungun bersama Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kajari Simalungun Bobbi Sandri, mewakili Kapolres Simalungun Kompol G Damanik memberikan cendramata dan menyematkan ulos pamotting kepada pimpinan perusahaan BUMN, Swasta maupun pengusaha local.

Pertemuan silaturrahmi tersebut jugas dihadiri antara lain, Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Simalungun, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Prataman Pematangsiantar Faisal Artjan dan pimpinan Perbankan.(red)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Berton Purba Nahkodai Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) DPC Batam

Berton Purba ,ST - Ketua Umum HPSI Kota Batam.

9Info.co.id | Batam – Pengurus Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Batam akhirnya sah terbentuk.

Proses pembentukan pengurus dilakukan melalui pemilihan yang demokratis dan transparan yang digelar di PT.INNOX Jl.Martadinata – Sekupang. Minggu (6/08/2023).

Ketua Tim Formatur Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI ) DPC Kota Batam, Ir. Jamartuah Purba mengatakan. Harungguan Purba memiliki visi dan misinya sendiri terutama dalam bidang sosial, politik, budaya, sumber daya manusia, pendidikan dan ekonomi.

“Dengan harapan, Harungguan Purba dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional dan daerah,” harap Jamartuah Purba.

Pada hari ini, atas komitmen dan Musyawarah bersama, Kita telah sukses membentuk Kepengurusan  DPC Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) Untuk Wilayah Kota Batam.

Proses pembentukan pengurus dilakukan melalui pemilihan yang demokratis dan transparan yang digelar di PT.INNOX Jl.Martadinata – Sekupang, Batam, Kepri.

Adapun Kepengurusan DPC Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) Untuk Wilayah Kota Batam, diantaranya .

Ketua Umum  HPSI Kota Batam                  : Berton Purba, ST

Sekretaris Umum.HPSI Kota Batam             : Rahmat A.K. Purba.

Bendahara Umum  HPSI Kota Batam           : Jumpa Rajohi Tondang

 

Foto Bersama Pengurus dan Tim Formatur HPSI DPC Kota Batam

Foto Bersama Pengurus dan Tim Formatur HPSI DPC Kota Batam

 

Untuk Kepengurusan BPH Harungguan Purba Simalungun yang ada di 5 Wilayah, secara otomatis menjadi pengurus harian HPSI kota Batam.

Hal senada disampaikan Ir .Laiden E. Purba sebagai ketua Himpunan Masyarakat Simalungun Indonesia (HMSI) DPC Batam dan Team Formatur penerima Mandat dari HPSI Pusat bahwasanya Harungguan Purba ini,  akan memaksimalkan sosok di dalam diri setiap marga Purba untuk mengisi pembangunan sebagaimana kompetensinya dan terus mengembangkan kemampuannya serta meningkatkan akademisnya .

“Baik itu di bidang politik, eksekutif, legislatif, yudikatif, pengusaha, BUMN, swasta dan lainnya. Lalu satu dengan yang lainnya saling mendukung dan bekerja sama,” ujarnya.

Harungguan Purba, lanjut Laiden , akan tetap mengedepankan filosofi suku Simalungun, “Habonaron do bona” dan “Sapangambei manoktok hitei”.

“Marga Purba, Boru & Panogolan suku Simalungun itu jumlahnya sangat banyak di Batam ini, jadi sudah saatnya marga Purba akan mengambil peran strategis dalam berbagai bidang, guna meningkatkan eksistensi diri,” tandasnya.

Tim Formatur dan Pengurus HPSI Kota Batam

Tim Formatur dan Pengurus HPSI Kota Batam

Lebih lanjut Ketua umum Harungguan Purba simalungun Indonesia, Berton Purba,ST. Menjelaskan, Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) DPC Kota Batam  merupakan tempat berkumpulnya marga Purba, boru, dan panogolan. dan Pada saat ini Di Kota Batam sendiri telah terbentuk 5 wilayah Harungguan Purba Simalungun, diantaranya , Harungguan Purba Wilayah Batam Barat Batuaji -Sagulung, Harungguan Purba Tanjung Piayu, Nongsa, Batam Center Sei Panas dan Harungguan Purba Wilayah Tiban-Sekupang dan sepakat berada dalam satu kesatuan di HPSI Batam.

“Sebagi komitmen bersama, dalam waktu dekat, pengukuhan (Patampei sihilap) pengurus Harungguan Purba Simalungun (HPSI ) DPC Kota Batam nantinya akan dikukuhkan langsung oleh DPP HPSI Pusat atas nama Ketua umum Mangapul Purba.SH. MH bersama jajarannya,” terang Berton. (Mat).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain