Connect with us

9Info.co.id – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi membuka Pasar Lelang Komoditas yang di selenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), di Rest Area yang berlokasi di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (26/6/2023).

Pembukaan pasar lelang komoditas itu di tandai dengan pemberangkatan pengiriman hasil pertanian komunitas jeruk dan kol dari Kabupaten Simalungun ke Pasar Keramat Jati jakarta.

Kepala Dinas Perindag dan ESDM Provsu diwakili Sekretaris Dinas Yossi Sukmono dalam sambutannya yang disampaikan melalui zoom meeting mengucapkan apresiasi atas kesiapan Kabupaten Simalungun dan mendukung program Pemprovsu.

“Saya berharap dapat membantu daerah untuk meningkatkan perekonomian dan juga dapat menjaga inflasi di daerah. Kegiatan ini juga diharapkan akan mampu membantu para petani untuk memasarkan hasil pertanian,”kata Yossi.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya mengucapkan bahwa, pasar Lelang Komoditas ini sangat bagus dan kami mengucapkan terimakasih kepada Disperindag dan ESDM Provinsi Sumatera Utara.

“Begitu pentingnya nya kegiatan seperti ini. Inilah yang dibutuhkan oleh para petani kita di Simalungun dan yang menjadi persoalan dalam peningkatan perekonomian para petani serta untuk penjualan hasil pertanian di Kabupaten Simalungun,” ujarnya.

Bupati berharap, kegiatan ini jangan hanya kegiatan seremonial akan tetapi teruslah berkelanjutan. Banyak hasil pertanian yang surplus di Simalungun seperti jahe merah, bawang merah dll.

Bupati Simalungun Berharap Pasar Lelang Dapat Memudahkan Petani Dalam Memasarkan Hasil Pertanian

Bupati Simalungun Berharap Pasar Lelang Dapat Memudahkan Petani Dalam Memasarkan Hasil Pertanian

“Dari segi pertanian kita, Kabupaten Simalungun jangan di ragukan lagi termasuk dari segi hasil pertaniannya. Yang menjadi permasalahan pertanian kita dari segi pemasaran. Kami sangat gembira dengan kegiatan ini, dengan harapan hasil pertanian petani kita dapat di pasarkan,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati juga berharap, Kabupaten Simalungun menjadi prioritas untuk pasar lelang. “Kalau bisa setiap bulan di laksanakan di Kabupaten Simalungun,”pinta Bupati.

“Dan kami nanti akan mempersiapkan data – datanya untuk hasil pertanian yang ada di Kabupaten Simalungun dan lokasi dimana di lakukan pasar lelang komedi ytas,”kata Bupati menambahkan.

Sebab, kata Bupati, dengan adanya pasar lelang ini tentu akan mengurangi biaya pengeluaran para petani.

“Karena di pasar lelang ini, para petani dapat bertemu langsung dengan para pembeli, sehingga tidak ada lagi biaya lainnya untuk pemasaran hasil pertanian di Kabupaten Simalungun,”ujar Bupati.

Bupati kembali berharap pasar lelang komoditas di Simalungun dapat lebih di kenal di Sumatra Utara bahkan Indonesia, sehingga akan membantu para petani untuk memasarkan hasil pertanian di kabupaten Simalungun.

Dalam kesempatan tersebut, melalui zoom meeting, Analis Perdagangan Badan Pengawas Peradangan Berjangka Komoditas Kementrian Perdagangan Mendro Bayu menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun atas persiapannya memyambut kegiatan pasar lelang.

“Dengan kegiatan ini saya berharap akan meningkatkan transaksi di Kabupaten Simalungun dan dapat mempermudah pemasaran bagi para petani,”kata Mendro.

Mendro juga menginformasikan bahwa kegiatan ini sudah di laksanakan dari tahun 2003, sebagai upaya dari Pemerintah Pusat untuk mempermudah dalam pemasaran hasil pertanian.

“Pasar lelang komoditas di Kabupaten Simalungun ini sangatlah bagus, dan kedepannya diharapkan pasar lelang komoditas ini dapat melakukan transaksi melalui digital atau secara online,”sebut Mendro.

“Dan kedepannya, di Kabupaten Simalungun akan di Bangun Gudang dan kami meminta dukungan dari Bupati Simalungun untuk pembangunan gudang ini, sekaligus menunjukkan langsung pengelolaan gudangnya, baik dari perusahaan daerah maupun swasta,”sambung Mendro.

Dengan adanya gudang ini diharapkan, dapat meningkatkan transparansi pasar lelang komoditas dan dapat bermanfaat bagi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang komoditi tanaman hortikultura yang dipimpin Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi.

Dalam lelang tersebut tercatat 11 komoditi yang berhasil di lelang diantaranya Tomat, Cabe, Jeruk,kentang,Terong, kubis/kol, bawang merah, ubi jalar, buncis dan Sawi Putih,dengan total hasil lelang sebesar Rp. 1.531.500.000,-.

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Tepat di HUT Ke-1 HPSI,  Drs.Gidion Purba.M.Si, Kukuhkan Kepengurusan DPC HPSI Kota Batam.

HPSI BATAM

9Info.co.id | BATAM – Drs.Gidion Purba, M.Si, Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI), di dampingi Sekretaris umum DPP HPSI Rohdian Purba,S.Si.,M.Si dan Gregorius Purba.,SE. Wakil Ketua DPP HPSI melaksanakan prosesi pelantikan kepengurusan Dewan Pimpinaan Cabang (DPC) HPSI Kota Batam dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) 4 sektor wilayah di Kota Batam. Senin (11/3/2024).

Walaupun dalam acara pelantikan ini hanya dihadiri para pengurus DPC HPSI Kota Batam dan pengurus dari DPAC dari 4 Wilayah Sektor yang ada di Batam. Acara berlangsung khidmat, sebab diawali dengan acara ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt.Almer Purba.M.Th.

Bertempat di Gedung Atrium Eco Edu Park Panbil, tampak DPP HPSI secara resmi mengukuhkan dan memberikan mandat untuk memimpin dan mengembangkan organisasi HPSI kepada Berton Purba, ST. sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPSI Kota Batam, Rahmat AK.Purba Sebagai Sekretaris dan Jumpa Rajoki Tondang Sebagai Bendahara DPC HPSI Kota Batam.

Dalam moment ini, Ketua Harian DPP HPSI Drs.Gidion Purba M.Si juga menegaskan komitmennya untuk mendukung dan memfasilitasi berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPC HPSI Kota Batam di bawah kepemimpinan Berton Purba.

pengurus DPC HPSI batam

Pengurus dan Penasehat DPC HPSI Batam

“Kehadiran Berton Purba sebagai Ketua DPC HPSI Kota Batam diharapkan akan membawa semangat baru dan energi positif dalam menggerakkan roda perekonomian serta memperkuat solidaritas HPSI di kota Batam ini. Tidak lupa DPP HPSI menyampaikan apresiasi atas kinerja Tim Formatur yang telah berhasil membentuk kepengurusan DPC HPSI Kota Batam, yakni Ir.Jamartuah Purba dan Ir.Laiden Purba”, imbuhnya.

Gidion Purba juga menambahkan, “Sesuai instruksi Ketua Umum DPP HPSI , Mangapul Purba.SE. DPP HPSI menekankan pentingnya solidaritas dan kerja sama yang baik dalam memajukan kegiatan dan program HPSI di Batam. Ia juga menggarisbawahi komitmen untuk mewujudkan visi dan misi organisasi dalam mendukung kesejahteraan masyarakat Simalungun di wilayah ini”, ucapnya.

DPP HPSI

Pengurus DPP HPSI

Hal senada disampaikan Sekretaris umum DPP HPSI, Rohdian Purba. S.Si.,M.Si. “Pelantikan ini menjadi momentum penting bagi HPSI dalam mengembangkan jaringan dan memperluas pengaruhnya di tingkat lokal. Apalagi tepat pada hari ini, Senin (11/3) merupakan hari bersejarah bagi HPSI. Tepat pada hari ini, ulang tahun pertama berdirinya HPSI”, Jelas Rohdian.

Selain Komunitas Marga Purba Simalungun yang ada di Batam, Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) menaungi seluruh sub marga Purba Simalungun, diantaranya, Marga Purba Pakpak, Tambak, Dasuha, Sigumonrong, Sidadolog, Tua, Tondang, Tanjung, Siboro, Tamsar, sidagambir, Silangit, dan Girsang.

“Para pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan integritas, serta bersinergi dengan semua pihak dalam menjalankan program-program yang akan diimplementasikan”, harapnya.

Hal senada disampaikan ketua DPC HPSI Kota Batam. Menurut Berton menghadapi tantangan ekonomi dan sosial yang semakin kompleks, dia pun menekankan pentingnya persatuan dan kerjasama di antara anggota HPSI Kota Batam, terutama bagi keluarga marga Purba yang tersebar di kota ini.

“Kita harus bersatu untuk saling memajukan keberhasilan dan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh anggota masyarakat, khusunya keluarga besar marga Purba.Dalam moment ini DPC HPSI Kota Batam juga telah mengukuhkan 4 DPAC HPSI, diantaranya . DPAC HPSI Batu aji – Sagulung, DPAC HPSI Batam Center Sei Panas, DPAC HPSI Nongsa, dan DPAC HPSI Tiban – Sekupang.” ujar Berton.

HPSI BATAM

HPSI BATAM

“Melihat potensi dan SDM yang dimiliki keluarga besar marga Purba yang tersebar di kota Batam pada saat ini, kita yakin akan harapan dan cita – cita mampu kita gapai bersama kedepan”, Jelas Berton.

Acara pelantikan ini juga disambut baik oleh para tokoh dan para penasehat HPSI kota Batam. Besar harapan agar HPSI dapat menjadi mitra yang dapat di andalkan dalam berbagai upaya pembangunan dan peningkatan SDM yang unggul kedepan di kota Batam.

Dengan semangat baru dan komitmen yang kuat, diharapkan HPSI dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Simalungun di kota Batam. (Mat).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain