Connect with us

9info.co.id – Presiden Joko Widodo menerima delapan anggota Kongres Amerika Serikat, salah satunya membahas pentingnya meningkatkan kemitraan setara atau equal partnership di antara kedua negara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/5/2023) menyatakan,
partnership kemitraan yang dimaksud, didasari kesetaraan dan menghasilkan kerja sama yang sifatnya win-win . “Ini betul-betul ditekankan oleh kedua belah pihak, equal partnership ,” ujarnya.

Selain itu, pertemuan juga membahas pentingnya melakukan kesepakatan perdagangan bebas terbatas atau limited free trade agreement , antara Indonesia dengan Amerika Serikat dalam waktu dekat. Indonesia pun telah menyampaikan kesiapannya untuk mulai membahas kesepakatan tersebut.

Presiden Apresiasi AS

Menlu Retno melanjutkan, Presiden Jokowi turut menyampaikan apresiasi atas dukungan Amerika Serikat terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN. Indonesia sangat menghargai dukungan Amerika Serikat sebagai salah satu mitra penting bagi ASEAN.

“Presiden juga mengharapkan agar Amerika terus memberikan dukungan, support terhadap implementasi dari ‘ ASEAN Outlook on the Indo-Pacific ‘,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden menekankan pentingnya isu tentang akses pasar dan perlakuan non-diskriminasi terhadap barang-barang ekspor Indonesia ke Amerika Serikat. Tidak hanya itu, juga menyampaikan tekad kuat membangun industri hilir dan harapan Indonesia untuk menjadi bagian dari rantai pasok Amerika Serikat serta dunia.

Presiden juga berharap agar fasilitas GSP ( generalized system of preferences ) mendapatkan dukungan untuk dilanjutkan untuk Indonesia, ucap Menlu Retno.

Turut juga mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Sedangkan delegasi kongres Amerika Serikat yang hadir adalah Vern Buchanan, Norma Torres, Terri Sewell, John Rutherford, Claudia Tenney, Carlos Gimenez, Anna Paulina Luna, Jenniffer González Colón, serta Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Y. Kim. (Nat)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Belasan Penyidik KPK ‘Geruduk’ Rumah Mewah Pejabat Bea Cukai Makassar di Sekupang, Ini Penampakannya

9info.co.id – Rumah mewah milik Kepala Bea-Cukai Makassar Andhi Pramono yang berlokasi di kawasan Perumahan Grand Summit, Jalan MT Everest, Sekupang, Kota Batam digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Saat dilokasi, terlihat dua orang anggota Kepolisian bersenjata lengkap berjaga tepat berada di depan rumah mewah tersebut.

Tak hanya itu, rombongan penyidik KPK tiba dengan menggunakan empat mobil yang berjumlah belasan orang.

“Penyidikan perkara dugaan penerimaan gratifikasi pejabat Bea Cukai Makassar,” ucap Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (06/06).

Ia menjelaskan, Tim Penyidik KPK melaksanakan tindakan penggeledahan di wilayah Kota Batam itu dalam rangka pengumpulan alat bukti (BB).

“Kegiatan saat ini sedang berlangsung dan updatenya segera akan kami sampaikan kembali,” pungkasnya. (Hum)

 

Continue Reading

Berita Lain