Connect with us

9Info.co.id – BP Batam akan menerapkan penyesuaian tarif bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar. Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar, mengumumkan bahwa penyesuaian ini akan berlaku mulai tanggal 15 Juli 2023. Dengan tarif baru ini, BP Batam berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar.

Dendi mengungkapkan bahwa tujuan utama dari penyesuaian ini adalah mewujudkan Kota Batam sebagai pusat logistik. Dengan penyesuaian tarif ini, diharapkan industri maritim di daerah ini dapat terus maju dan produktif.

Dendi juga mengakui bahwa Pelabuhan Batu Ampar merupakan penyumbang terbesar dalam kegiatan ekspor Kota Batam selama bulan Mei 2023. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, nilai ekspor di Pelabuhan Batu Ampar mencapai USD 787,89 juta dengan volume ekspor sebanyak 123,12 ribu ton.
Keberhasilan ini menjadikan Batam sebagai daerah yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau.

Berdasarkan catatan BUP BP Batam, bongkar muat peti kemas merupakan sumber utama pendapatan di Pelabuhan Batu Ampar, dengan kontribusi sebesar 49 persen dibandingkan dengan kegiatan lainnya. Dalam penyesuaian ini, tarif bongkar muat peti kemas ukuran 20 feet akan naik dari Rp 384.300 menjadi Rp 603.000 per boks.

Perubahan Tarif Bongkar Muat Peti Kemas di Batam Efektif pada Tanggal 15 Juli

Perubahan Tarif Bongkar Muat Peti Kemas di Batam Efektif pada Tanggal 15 Juli

Meskipun demikian, tarif tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pelabuhan sejenis lainnya. Dendi mengakui bahwa penyesuaian tarif ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam 11 tahun terakhir.

BP Batam juga telah menginvestasikan sekitar Rp 489 miliar dalam dua tahun terakhir untuk pengembangan fasilitas. Mereka berkomitmen untuk terus berinvestasi ke depannya dengan tujuan menjadikan Pelabuhan Batu Ampar sebagai pelabuhan modern yang sejajar dengan Pelabuhan Tanjung Priok dan pelabuhan lainnya, sesuai dengan visi Kepala BP Batam.

Dengan penyesuaian tarif bongkar muat ini, diharapkan Pelabuhan Batu Ampar dapat terus berkembang dan memberikan layanan yang lebih baik kepada industri maritim serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. (DN)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Ardi yakin target tercapai, Libur Lebaran, Wisman Ramai Kunjungi Batam

Ardi yakin target tercapai, Libur Lebaran, Wisman Ramai Kunjungi Batam

9Info.co.id | BATAM – Wisatawan mancanegara (Wisman) Malaysia dan Singapura memadati Kota Batam saat libur Lebaran.

Dari pantauan di sejumlah pusat keramaian, sejumlah Wisman mengunjungi pusat perbelanjaan, salah satunya Mega Mall, Batam Centre.

Di pusat perbelanjaan yang berseberangan dengan Pelabuhan Internasional Batam Centre itu, terlihat sejumlah Wisman yang hilir mudik dan masih menenteng koper dan tas mereka.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata, mengungkapkan, setiap libur Lebaran, Batam menjadi salah satu destinasi favorit.

“Banyak warga Singapura dan Malaysia yang memilih berlibur ke Batam saat Hari Raya Idulfitri,” ujar Ardiwinata.

Bahkan, kata dia, sejumlah armada kapal penuh oleh penumpang dari dan ke Singapura dan Malaysia.

“Tadi saya sempat menjemput keluarga di pelabuhan, kapal penuh dan di pelabuhan sangat padat. Ini berkah bagi sejumlah pihak dan tentunya bagi sektor pariwisata Batam,” katanya.

Mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam itu mengaku optimistis Batam bisa mencapai target 2 juta kunjungan wisman.

“Pak Wali Kota Batam Muhammad Rudi menargetkan 2 juta kunjungan wisman pada tahun ini dengan Batam makin maju dan indah kami yakin target ini bisa tercapai,” tutup Ardi.(DN).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain