Connect with us

9info.co.id – Pasca Kebakaran yang menghanguskan 6 rumah, Di perumahan Bida Ayu RT 02/RW 14 Kelurahan Mangsang-Sungai Beduk, jumat (18/3). Pemerintah Kota Batam telah membuka posko penerimaan bantuan untuk korban kebakaran.

Lurah Mangsang, Heryawan,  meninjau lokasi kebakaran dan langsung membentuk kepengurusan  Posko bantuan kebakaran.

“Kita telah melaporkan ke camat, Dinsos dan walikota Batam atas musibah ini, dan pada hari ini Sabtu, (19/3), dari Pihak Dinsos Khususnya Tagana, telah menurunkan Tim nya untuk membantu tim yang telah dibentuk di Posko penerimaan Bantuan ini,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Posko bantuan kebakaran RT 02/RW 14 bida ayu kelurahan Mangsang , Laspen Simamora menyatakan.” Kejadian kebakaran  kemarin, sebanyak 6 rumah Ludes di lalap sijago merah, harta benda mereka pun tidak bisa mereka selamatkan akibat kobaran api yang cepat menyebar,” Jelasnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mangsang ini menambahkan, Untuk membantu meringankan beban korban kebakaran ini, dengan berkoordinasi dengan Lurah, Kami telah membuka Posko Bantuan terhadap korban kebakaran.

Sejauh ini , sudah ada beberapa pihak yang telah berkontribusi untuk menyalurkan Bantuan berupa sembako dan materi.

“Kita berharap bantuan yang kita terima  dari posko ini, sedikit meringankan beban para korban,” tutupnya. (Mat)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

SPAM Batam Gesa Perbaikan dan Peremajaan IPA di Kota Batam

SPAM Batam Gesa Perbaikan dan Peremajaan IPA di Kota Batam

9Info.co.id | BATAM – Direktur Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Batam, Denny Tondano menanggapi keluhan yang diutarakan oleh masyarakat terkait gangguan air di beberapa lokasi perumahan di Kota Batam, salah satunya adalah Perumahan Happy Garden, Nagoya.

Dalam kesempatan pertama, Denny menjelaskan gangguan tersebut terjadi diakibatkan oleh kerusakan pipa. Perbaikannya sendiri membutuhkan waktu dan cukup rumit karena lokasi kerusakan terletak di median jalan yang sudah dicor dan digunakan sebagai lalu lintas utama.

“Sebagai langkah perbaikan, kami telah menemukan jalur pipa alternatif untuk memindahkan suplai ke kawasan Happy Garden, yaitu dengan jalan mengebor 1,5 meter di bawah jalan untuk menuju pipa utama yang lain,”

“Saat ini kami tengah bekerja keras untuk melakukan perbaikan. Untuk itu, kami mewakili seluruh jajaran pimpinan dan staf BP Batam memohon maaf atas ketidaknyamanan dan kerugian yang timbul karena gangguan suplai air,” ujarnya pada Jumat (12/7/2024).

Selain itu, Denny juga menjelaskan secara singkat perkembangan pemasangan pipa SPAM sejak dua tahun terakhir.

“BP Batam telah membangun pipa berkapasitas 370 lps di Waduk Muka Kuning untuk mengakomodir kebutuhan air bersih pelanggan yang sebelumnya 280 ribu pelanggan pada tahun 2021, sampai tumbuh hingga 317 ribu pelanggan per bulan Juni 2024,” jelas Denny.

Akan tetapi, kenaikan jumlah pelanggan tersebut mengakibatkan defisit jumlah air bersih di Kota Batam sekitar 300 lps. Sehingga gangguan minor pun akan berdampak langsung pada suplai air ke pelanggan.

Berita baiknya, BP Batam telah memulai pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru berkapasitas 500 lps di Waduk Duriangkang dan 230 lps di Waduk Tembesi.

Perkerjaan ini diproyeksikan selesai pada Desember 2024 dan Kota Batam diharapkan akan surplus air sebesar 230 lps setidaknya sampai akhir tahun 2025.

Denny melanjutkan, selama tahun 2024 dan 2025 BP Batam akan fokus memperbaiki fasilitas Instalasi Pengeolahan Air Minum (IPAM) eksisting berupa pompa, filter, dan sistem perpipaan yang uzur agar gangguan terhadap masyarakat dapat diminimalisir.

“Kami juga memastikan tambahan air yang siap pada akhir tahun 2024 bisa tersalurkan ke daerah-daerah kritis air, seperti area perumahan Buana Vista, Bukit Raya, Marina, Geysa Eterna Marina, Tanjung Riau, Tiban, Taman Sari Hijau, Cipta Land, Lavender, Bengkong, Baloi, Kampung Utama, Jodoh Permai, dan lainnya,” ujar Denny.

Terakhir, ia menegaskan SPAM Batam bersama PT. Air Batam Hilir akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara bertahap, guna mendukung penuh keberlangsungan usaha sektor pariwisata dan mengakomodir kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Kota Batam. (DN).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain