9info.co.id- Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar Batam Wonderfood & Art Ramadhan bertempat di Taman Dang Anom, Batam Center, mulai tanggal 30 Maret-24 April mendatang. Kegiatan ini sudah tiga kali digelar, Ramadhan tahun 1443 Hijriah atau tahun 2022 ini mengusung tema Jom Balek Kampung.
“Tetap mengusung tagline yang sama yaitu #JomBalekKampung, menghadirkan suasana Ramadhan di tanah melayu dengan berbagai penampilan kesenian maupun budaya,” kata Ardiwinata, Kepala Disbudpar Kota Batam, Rabu (30/2022).
Sama seperti tahun sebelumnya, pada acara pembukaan Batam Wonderfood & Art Ramadhan menyuguhkan yang menarik dan berkesan tentunya mengangkat budaya Melayu. “Untuk opening kalau tahun lalu Pak Walikota (Muhammad Rudi) membuka dengan membuat roti jala. Tahun ini juga akan ada yang menarik pada saat opening,” terangnya.
Tahun ini kuliner yang ditawarkan lebih beragam dan juga ada program Kemanusiaan bertajuk “Kapal Ramadhan Batam” dengan target 50.000 paket buka puasa, 1.000 paket ibadah, 1.000 alquran, 1.000 paket sembako lebaran. Di Batam Wonderfood & Art Ramadhan ini juga akan ada posko pengumpulan paket buka puasa.
“Buat pengunjung, tenant, warga dan masyarakat Kota Batam yang ingin ikut menyumbang bisa mengantarkan ke Taman Dang Anom dan nanti akan di distribusi kan ke masyarakat yang membutuhkan sampai ke hinterland,” ucapnya.
Ardi juga mengajak kepada pelaku pariwisata untuk berkontribusi dalam kegiatan ini, seperti pelaku hotel, restoran dan sebagainya. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan secar ketat, seperti memakai masker bagi penjual dan pengunjung, menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sanitizer, dan menjaga jarak.(hum)
Upaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, BP Batam Undang LAN RI Gelar Bimtek
9Info.co.id | BATAM – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melalui Biro Hukum dan Organisasi menggelar Bimtek Penyusunan Standar Pelayanan Publik pada Rabu (4/12/2024) di IT Centre BP Batam.
Dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Idul Priady, kegiatan yang di ikuti oleh perwakilan dari seluruh Unit Kerja di lingkungan BP Batam ini menghadirkan narasumber Analis Kebijakan Ahli Muda Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Muhammad Syafiq dan Adhitya Budi Laksana.
Idul Priady dalam sambutannya menjelaskan bahwa penyusunan Standar Pelayanan Publik akan sangat bermanfaat bagi instansi selaku pemberi layanan sekaligus juga terhadap masyarakat dan pelaku usaha selaku penerima layanan.
“Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik secara jelas telah mengamanatkan kepada setiap instansi pemerintah wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan Publik yang diperkuat dengan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan,” terang Idul.
“Berdasarkan hal tersebut tentu banyak sekali manfaat yang akan kita rasakan jika Standar Pelayanan Publik BP Batam telah tersusun antara lain peningkatan kualitas layanan, memberikan kepastian hukum, mempermudah evaluasi kinerja pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat,” sambungnya.
Idul berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh peserta tentang penyusunan Standar Pelayanan Publik yang efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan.
“Melalui kegiatan ini, harapan kami seluruh peserta dapat memahami dan men-transfer ilmunya kepada atasan serta rekan-rekannya di Unit Kerja masing-masing tentang detail Standar Pelayanan Publik yang efektif, berkeadilan, transparan, efisien, dan akuntabel di lingkungan BP Batam untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan pelaku usaha,” pungkas Idul. (MI)