Connect with us

9Info.co.id | BATAM – Sebanyak 17 pengelola Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dari LL Dikti Wilayah I hingga XVII mengikuti Workshop dan Asistensi Pelaporan Data untuk semester genap 2023/2024.

Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan berlangsung selama tiga hari, dari Rabu (9/10) hingga Jumat (11/10), di Ruang Rumengan Universitas Batam (Uniba), Kota Batam.

Pj Data Pendidikan Tinggi Franova Herdiyanto,mengatakan bahwa acara ini tidak hanya fokus pada penyampaian batas waktu pelaporan data, tetapi juga memberikan materi penting terkait kebijakan terbaru di lingkungan LL Dikti, termasuk sistem pelaporan dosen dan aplikasi teknis lainnya. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antar-pengelola LL Dikti dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

“Kami sangat bersyukur bahwa seluruh LL Dikti dari Wilayah I hingga XVII dapat hadir. Batam dipilih karena aksesnya yang lebih mudah, dan kami berterima kasih kepada Uniba yang telah memfasilitasi kegiatan ini dengan sangat baik selama dua tahun berturut-turut,” kata Franova.

Selain pelaporan rutin, salah satu topik utama yang dibahas dalam workshop ini adalah program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). RPL memungkinkan konversi pengalaman belajar atau kerja sebelumnya menjadi Satuan Kredit Semester (SKS), yang dapat mempercepat penyelesaian program sarjana atau magister.

“Dengan RPL, mahasiswa bisa mengurangi beban SKS dan memperoleh gelar dalam waktu yang lebih singkat, bahkan dengan biaya yang lebih terjangkau,” jelas Franova.

Workshop ini diharapkan tidak hanya membantu dalam pelaporan data yang lebih efisien, tetapi juga memperkuat sinergi antar-pengelola pendidikan tinggi di Indonesia. Uniba pun mendapat apresiasi tinggi atas fasilitas dan pelayanan yang disediakan selama acara berlangsung.

“Tujuan workshop ini untuk memastikan pelaporan data semester genap berjalan lancar, serta memperbarui peserta mengenai kebijakan administrasi dan data terbaru di tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara, Rektor Universitas Batam, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., ASEAN, Eng., menyampaikan sebagai tuan rumah, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini digelar di Uniba terutama bagi LL Dikti dari Indonesia. Uniba, katanya akan terus berupaya memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Kami tentunya sangat mendukung kegiatan ini dan bangga bisa menjadi tuan rumah bagi LL Dikti dari seluruh Indonesia. Universitas Batam akan terus berupaya memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik,” pesannya. (AS)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Upaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, BP Batam Undang LAN RI Gelar Bimtek

Upaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, BP Batam Undang LAN RI Gelar Bimtek

9Info.co.id | BATAM – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melalui Biro Hukum dan Organisasi menggelar Bimtek Penyusunan Standar Pelayanan Publik pada Rabu (4/12/2024) di IT Centre BP Batam.

Dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Idul Priady, kegiatan yang di ikuti oleh perwakilan dari seluruh Unit Kerja di lingkungan BP Batam ini menghadirkan narasumber Analis Kebijakan Ahli Muda Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Muhammad Syafiq dan Adhitya Budi Laksana.

Idul Priady dalam sambutannya menjelaskan bahwa penyusunan Standar Pelayanan Publik akan sangat bermanfaat bagi instansi selaku pemberi layanan sekaligus juga terhadap masyarakat dan pelaku usaha selaku penerima layanan.

“Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik secara jelas telah mengamanatkan kepada setiap instansi pemerintah wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan Publik yang diperkuat dengan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan,” terang Idul.

“Berdasarkan hal tersebut tentu banyak sekali manfaat yang akan kita rasakan jika Standar Pelayanan Publik BP Batam telah tersusun antara lain peningkatan kualitas layanan, memberikan kepastian hukum, mempermudah evaluasi kinerja pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat,” sambungnya.

Idul berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh peserta tentang penyusunan Standar Pelayanan Publik yang efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan.

“Melalui kegiatan ini, harapan kami seluruh peserta dapat memahami dan men-transfer ilmunya kepada atasan serta rekan-rekannya di Unit Kerja masing-masing tentang detail Standar Pelayanan Publik yang efektif, berkeadilan, transparan, efisien, dan akuntabel di lingkungan BP Batam untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan pelaku usaha,” pungkas Idul. (MI)

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain