Connect with us

9info.co.id – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bertindak sebagai pimpinan dalam Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan ( Sat Kamling), di halaman Mapolres Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Rabu (21/6/2023).

Apel tersebut dilaksankan dalam rangka Hari Bhayangkara Ke – 77 Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai menuju Indonesia Maju, dan di hadiri oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung dan Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy.

Dalam kesempatan itu Bupati Simalungun memberikan piagam penghargaan kepada Kapolres Simalungun atas dedikasinya dalam pengungkapan kasus narkoba jenis sabu sabu seberat 410 gram, dan pengungkapan pembunuhan berencana yang disertai dengan pencurian dan kekerasan yang terjadi di Kecamatan Bandar.

Kapolri dalam amanat tertulisnya yang di bacakan oleh Bupati Simalungun menyampaikan, apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Sat Kamling.

Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan terwujudnya cita-cita leluhur bangsa.

Tentu, dinamika tantangan harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada dibawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling)

Sat Kamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Untuk itu kehadirannya di harapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisihan yang prediktif.

Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Sat Kamling. Sat Kamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

Kehadiran Sat Kamling harus betul-betul bisa menjadi coolling system dilingkungan masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan, karena persatuan dan kesatuan bangsa hal utama yang harus dipertahankan serta di jaga bersama.

Berdasarkan data Sat Kamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023 menunjukkan, dari total 230.028 Pos Satkamling, hanya 60 % yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

Oleh karena itu diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan revitalisasi Sat Kamling, dengan mengaktifkan serta kembali memberdayakan Sat Kamling.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak Sat Kamling serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Kepada awak Sat Kamling, Kapolri berpesan agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan Etika pada setiap pelaksanaan tugas.

Usai pelaksanaan apel, Bupati, Kapolres dan Dandim menyerahkan tropy dan bingkisan kepada juara perlombaan Sat Kamling dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 77 Tahun 2023. (Mat)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

BP Batam Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut

BP Batam Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut

9Info.co.id | BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Tahun 2023, Senin (22/7/2024).

BP Batam sukses mempertahankan penghargaan tertinggi untuk laporan keuangan lembaga negara ini sejak 2017 lalu atau yang kedelapan kalinya secara berturut-turut.

Anggota V BPK RI, Ahmadi Noor Supit mengatakan, pemberian Opini WTP terhadap BP Batam pun telah sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

Dimana, BPK menetapkan empat kriteria penilaian yang mencakup kepada kesesuaian dengan Standar Audit Pemerintahan (SAP) ; kecukupan pengungkapan ; kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan ; dan efektivitas Sistem Pemeriksaan Intern (SPI).

“Pencapaian ini menunjukkan komitmen BP Batam dalam mengelola keuangan negara secara akuntabel. Prestasi ini juga mendorong BP Batam untuk dapat terus menciptakan keselarasan dalam menjalankan program pembangunan yang inklusif,” ujar Ahmadi di Ruang Rapat Konsultasi, Gedung Tower BPK RI.

Di samping itu, Ahmadi mengapresiasi pencapaian BP Batam yang sukses mempertahankan Opini WTP sejak 2017 lalu.

Menurutnya, pemberian opini tersebut merupakan tolak ukur terhadap tranparansi dan akuntabilitas suatu laporan keuangan lembaga negara.

Sehingga, tiap lembaga memiliki tanggung jawab penuh terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah (APBN/D) dalam membangun bangsa dan negara.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama BP Batam selama proses berlangsung. Saya ucapkan selamat untuk BP Batam,” pungkasnya.

Sementara, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan jika predikat ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi BP Batam.

Ia pun berkomitmen untuk menyelesaikan beberapa rekomendasi dari BPK RI selama audit berlangsung.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan upaya terbaik dalam mengelola keuangan negara dan memberikan kemudahan perizinan,” ungkap Rudi yang hadir bersama Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro.

Rudi juga menegaskan jika BP Batam akan terus berupaya maksimal dalam mendukung pembangunan inklusif demi meningkatkan nilai investasi yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kami juga memohon petunjuk dari BPK dalam menyelesaikan beberapa rekomendasi agar tidak ada permasalahan anggaran ke depannya,” pungkasnya. (DN)

Continue Reading

Berita Lain