Connect with us

9info.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran di Nagori Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (26/7/2022).

Bantuan tersebut di berikan sebagai bentuk rasa keprihatinan Pemkab Simalungun terhadap warganya yang tertimpa musibah, diharapkan melalui bantuan ini dapat meringankan beban warga yang tertimpa musibah.

Bantuan ini diberikan langsung oleh Kadis Sosial Kabupaten Simalungun diwakili Kabid Linjamsos Runiah Esra Sinulingga Bersama staf Dinas Sosial Salmiah Harahap kepada keluarga korban berupa paket sembako.

Pemberian batuan itu disaksikan oleh Camat Tanah Jawa Maryaman Samosir, Pangulu Nangori Balimbingan Jan Waris Gultom, Kasi Kesos Kecamatan Tanah Jawa Imelda Hutagaol, petugas Tagana Donny Kesuma dan Siman Amreyn Gultom.

Sebelumnya, menurut laporan pihak kecamatan yang disampikan kepada Pemkab Simalungun cq. Dinas Sosial Kabupaten Simalungun menjelaskan bahwa, musibah kebakaran terjadi pada 15/7/2022 lalu sekitar pukul 18:00 Wib.

Penyebab kebakaran diketahui berasal dari korsleting listrik, yang mengakibatkan rumah milik keluarga Mesmuliyadi ludes dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, diperkirakan kerugian material yang di alami Mesmuliyadi lebih kurang sebesar Rp. 100 juta. (lsm)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Berton Purba Nahkodai Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) DPC Batam

Berton Purba ,ST - Ketua Umum HPSI Kota Batam.

9Info.co.id | Batam – Pengurus Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Batam akhirnya sah terbentuk.

Proses pembentukan pengurus dilakukan melalui pemilihan yang demokratis dan transparan yang digelar di PT.INNOX Jl.Martadinata – Sekupang. Minggu (6/08/2023).

Ketua Tim Formatur Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI ) DPC Kota Batam, Ir. Jamartuah Purba mengatakan. Harungguan Purba memiliki visi dan misinya sendiri terutama dalam bidang sosial, politik, budaya, sumber daya manusia, pendidikan dan ekonomi.

“Dengan harapan, Harungguan Purba dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional dan daerah,” harap Jamartuah Purba.

Pada hari ini, atas komitmen dan Musyawarah bersama, Kita telah sukses membentuk Kepengurusan  DPC Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) Untuk Wilayah Kota Batam.

Proses pembentukan pengurus dilakukan melalui pemilihan yang demokratis dan transparan yang digelar di PT.INNOX Jl.Martadinata – Sekupang, Batam, Kepri.

Adapun Kepengurusan DPC Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) Untuk Wilayah Kota Batam, diantaranya .

Ketua Umum  HPSI Kota Batam                  : Berton Purba, ST

Sekretaris Umum.HPSI Kota Batam             : Rahmat A.K. Purba.

Bendahara Umum  HPSI Kota Batam           : Jumpa Rajohi Tondang

 

Foto Bersama Pengurus dan Tim Formatur HPSI DPC Kota Batam

Foto Bersama Pengurus dan Tim Formatur HPSI DPC Kota Batam

 

Untuk Kepengurusan BPH Harungguan Purba Simalungun yang ada di 5 Wilayah, secara otomatis menjadi pengurus harian HPSI kota Batam.

Hal senada disampaikan Ir .Laiden E. Purba sebagai ketua Himpunan Masyarakat Simalungun Indonesia (HMSI) DPC Batam dan Team Formatur penerima Mandat dari HPSI Pusat bahwasanya Harungguan Purba ini,  akan memaksimalkan sosok di dalam diri setiap marga Purba untuk mengisi pembangunan sebagaimana kompetensinya dan terus mengembangkan kemampuannya serta meningkatkan akademisnya .

“Baik itu di bidang politik, eksekutif, legislatif, yudikatif, pengusaha, BUMN, swasta dan lainnya. Lalu satu dengan yang lainnya saling mendukung dan bekerja sama,” ujarnya.

Harungguan Purba, lanjut Laiden , akan tetap mengedepankan filosofi suku Simalungun, “Habonaron do bona” dan “Sapangambei manoktok hitei”.

“Marga Purba, Boru & Panogolan suku Simalungun itu jumlahnya sangat banyak di Batam ini, jadi sudah saatnya marga Purba akan mengambil peran strategis dalam berbagai bidang, guna meningkatkan eksistensi diri,” tandasnya.

Tim Formatur dan Pengurus HPSI Kota Batam

Tim Formatur dan Pengurus HPSI Kota Batam

Lebih lanjut Ketua umum Harungguan Purba simalungun Indonesia, Berton Purba,ST. Menjelaskan, Harungguan Purba Simalungun Indonesia (HPSI) DPC Kota Batam  merupakan tempat berkumpulnya marga Purba, boru, dan panogolan. dan Pada saat ini Di Kota Batam sendiri telah terbentuk 5 wilayah Harungguan Purba Simalungun, diantaranya , Harungguan Purba Wilayah Batam Barat Batuaji -Sagulung, Harungguan Purba Tanjung Piayu, Nongsa, Batam Center Sei Panas dan Harungguan Purba Wilayah Tiban-Sekupang dan sepakat berada dalam satu kesatuan di HPSI Batam.

“Sebagi komitmen bersama, dalam waktu dekat, pengukuhan (Patampei sihilap) pengurus Harungguan Purba Simalungun (HPSI ) DPC Kota Batam nantinya akan dikukuhkan langsung oleh DPP HPSI Pusat atas nama Ketua umum Mangapul Purba.SH. MH bersama jajarannya,” terang Berton. (Mat).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain