Connect with us

9info.co.id – Badan Pusat Satistik BPS Batam merilis data Perkembangan Transportasi Kota Batam Jumlah penumpang angkutan udara dalam negeri (domestik) pada Mei 2022 sebanyak 357.801 orang atau naik 37,98 persen dibanding April 2022.

Sedangkan penumpang angkutan udara luar negeri (internasional) sebanyak 139 orang atau naik 187,84 persen dibanding April 2022.

Kepala BPS Batam, Rahmad Iswanto, menyampaikan, selama Januari hingga Mei 2022, jumlah penumpang angkutan udara domestik yang berangkat dan datang dari dan ke Bandara Hang Nadim sebanyak 1.345.577 orang atau naik 50,70 persen.

Dan jumlah penumpang angkutan udara internasional yang datang dan berangkat dari dan ke Batam melalui Bandara Hang Nadim sebanyak 321 orang atau naik 306,33 persen dibanding periode yang sama tahun 2021.

Kemudian, jumlah penumpang angkutan laut dalam negeri pada Mei 2022 tercatat 361.455 orang atau naik 54,71 persen dibanding April 2022.

Jumlah penumpang angkutan laut luar negeri (internasional) turun sebesar 27,87 persen dibandingkan bulan lalu.

Selama Januari hingga Mei 2022 jumlah penumpang angkutan laut domestik yang berangkat dan datang dari dan ke batam melalui pelabuhan sebanyak 1.194.868 orang atau naik 47,97 persen, dan jumlah penumpang angkutan laut internasional yang berangkat dan datang melalui pelabuhan di Batam sebanyak 186.824 orang atau naik sebesar 649,09 persen dibanding dengan periode yang sama tahun 2021.

Seterusnya, perkembangan Angkutan Udara
Jumlah penumpang angkutan udara domestik yang datang ke Kota Batam pada Mei 2022 sebanyak 189.626 orang.

Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 62,92 persen dibandingkan bulan April. Sedangkan kumulatif jumlah penumpang domestik yang datang ke Kota Batam bulan Januari-Mei 2022 sebanyak 666.323 orang.

Jumlah ini mengalami kenaikan 49,97 persen atau sebanyak 222.015 orang dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021.
Selama Mei 2022 ada sebanyak 168.175 orang penumpang angkutan udara domestik yang berangkat dari Bandara Hang Nadim, Batam.

Penumpang yang berangkat mengalami kenaikan 17,66 persen dibandingkan bulan April 2022. Sedangkan kumulatif jumlah penumpang domestik yang berangkat pada bulan Januari-Mei 2022 sebanyak 679.254 orang. Jumlah ini naik 51,42 persen atau naik sebanyak 230.679 orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021.

Sementara itu, untuk angkutan udara internasional ada sebanyak 106 penumpang yang datang, sedangkan yang berangkat dari bandara Hang Nadim Batam sebanyak 107 pada

bulan Mei 2022. Kumulatif jumlah penumpang angkutan udara internasional yang datang pada bulan Januari-Mei mengalami kenaikan sebesar 314,29 persen, sedangkan jumlah kumulatif penumpang yang berangkat dari Bandara Hang Nadim bulan Januari-Mei 2022 mengalami kenaikan sebesar 300 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021.

Total kenaikan penumpang angkutan udara internasional yang datang dan berangkat sebesar 187,84 persen.

Secara keseluruhan, jumlah penumpang angkutan udara baik domestik dan internasional Mei 2022 mengalami peningkatan sebesar 38,02 persen dari bulan sebelumnya.

Sedangkan kumulatif jumlah penumpang bulan Januari-Mei 2022 mengalami peningkatan sebesar 50,72 persen, yaitu dari 892.962 orang di Januari-Mei 2021 menjadi 1.345.898 penumpang di Januari-Mei 2022.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berharap, kembali normalnya pergerakan penumpang ke Batam memberikan efek positif bagi perekonomian Batam, kehususnya bagi pelaku UMKM Batam.

“Semua harus bersiap menyambut ini. Pemerintah sudah membangun sejumlah infrastruktur,” katanya.(MC)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

SPAM Batam Gesa Perbaikan dan Peremajaan IPA di Kota Batam

SPAM Batam Gesa Perbaikan dan Peremajaan IPA di Kota Batam

9Info.co.id | BATAM – Direktur Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Batam, Denny Tondano menanggapi keluhan yang diutarakan oleh masyarakat terkait gangguan air di beberapa lokasi perumahan di Kota Batam, salah satunya adalah Perumahan Happy Garden, Nagoya.

Dalam kesempatan pertama, Denny menjelaskan gangguan tersebut terjadi diakibatkan oleh kerusakan pipa. Perbaikannya sendiri membutuhkan waktu dan cukup rumit karena lokasi kerusakan terletak di median jalan yang sudah dicor dan digunakan sebagai lalu lintas utama.

“Sebagai langkah perbaikan, kami telah menemukan jalur pipa alternatif untuk memindahkan suplai ke kawasan Happy Garden, yaitu dengan jalan mengebor 1,5 meter di bawah jalan untuk menuju pipa utama yang lain,”

“Saat ini kami tengah bekerja keras untuk melakukan perbaikan. Untuk itu, kami mewakili seluruh jajaran pimpinan dan staf BP Batam memohon maaf atas ketidaknyamanan dan kerugian yang timbul karena gangguan suplai air,” ujarnya pada Jumat (12/7/2024).

Selain itu, Denny juga menjelaskan secara singkat perkembangan pemasangan pipa SPAM sejak dua tahun terakhir.

“BP Batam telah membangun pipa berkapasitas 370 lps di Waduk Muka Kuning untuk mengakomodir kebutuhan air bersih pelanggan yang sebelumnya 280 ribu pelanggan pada tahun 2021, sampai tumbuh hingga 317 ribu pelanggan per bulan Juni 2024,” jelas Denny.

Akan tetapi, kenaikan jumlah pelanggan tersebut mengakibatkan defisit jumlah air bersih di Kota Batam sekitar 300 lps. Sehingga gangguan minor pun akan berdampak langsung pada suplai air ke pelanggan.

Berita baiknya, BP Batam telah memulai pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru berkapasitas 500 lps di Waduk Duriangkang dan 230 lps di Waduk Tembesi.

Perkerjaan ini diproyeksikan selesai pada Desember 2024 dan Kota Batam diharapkan akan surplus air sebesar 230 lps setidaknya sampai akhir tahun 2025.

Denny melanjutkan, selama tahun 2024 dan 2025 BP Batam akan fokus memperbaiki fasilitas Instalasi Pengeolahan Air Minum (IPAM) eksisting berupa pompa, filter, dan sistem perpipaan yang uzur agar gangguan terhadap masyarakat dapat diminimalisir.

“Kami juga memastikan tambahan air yang siap pada akhir tahun 2024 bisa tersalurkan ke daerah-daerah kritis air, seperti area perumahan Buana Vista, Bukit Raya, Marina, Geysa Eterna Marina, Tanjung Riau, Tiban, Taman Sari Hijau, Cipta Land, Lavender, Bengkong, Baloi, Kampung Utama, Jodoh Permai, dan lainnya,” ujar Denny.

Terakhir, ia menegaskan SPAM Batam bersama PT. Air Batam Hilir akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara bertahap, guna mendukung penuh keberlangsungan usaha sektor pariwisata dan mengakomodir kebutuhan air bersih seluruh masyarakat Kota Batam. (DN).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain