Connect with us

9info.co.id -Agus Syafrizal, S.Pd., M.Pd merupakan salah satu millenial Kabupaten Simalungun yang belakangan ini fokus di dunia youtube. Setelah sukses di tahun 2019 membentuk Komunitas Youtuber Simalungun, kini beliau menjadi manajer UD 2RBL yang launching pada Sabtu, 11 Juni 2022.

UD 2RBL dan Calvin Bakery berlokasi di Jalan Asahan KM6 Perumahan Sumber Jaya Indah 3, Nagori Sejahtera, Kecamatan Siantar. Kegiatan yang dihadiri oleh Sekda Kabupaten Simalungun Bapak Esron Sinaga, Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Simalungun Ny Bernadetta Esron Sinaga, OPD, Camat dan para pelaku UMKM.

2RBL tersebut memiliki makna Rizal Refalino Bersama Lisa (2RBL) dengan jargan “Rame-Rame Belanja Lo”, yang secara resmi telah dibuka oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Grand Opening UD 2RBL ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dekranasda yang disaksikan oleh Bupati SImalungun diwakili oleh Sekda Esron Sinaga dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Simalungun dan TP KK Simalungun serta pelaku UMKM.

Saat peresmian, ketua Dekranasda mengatakan bahwa, di Simalungun banyak anak-anak muda yang belum memiliki perkerjaan, oleh karenanya Dekranasda dan bersama TP PKK melakukan upaya pembinaan agar anak-anak muda di Simalungun memiliki pekerjaan dan bisa melanjutkan sekolahnya.

Menurut Ratnawati bahwa dirinya saat ini menyekolahkan 47 orang anak muda di Simalungun sebagai mahasiswa di berbagai universitas.
“Mereka ini saya bagi, diantaranya ada bekerja di Pinus Hill Simarjarunjung dan di UD 2RBL ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ratnawati juga mempromosikan berbagai oleh-oleh yang ada di UD 2RBL. Salah satunya adalah roti yang ada di tempat tersebut. “Pembuatan roti ini ada pabriknya disini yang dikelola oleh Calvin Bakery. Dengan latar belakang saya pengusaha, jadi mereka terus saya bimbing bagaimana membuka usaha yang maju dan pastinya bisa kuliah,” ujarnya.

Ratnawati mengajak masyarakat termasuk pemerintah untuk mendukung mereka agar bisa maju usahanya. Karyawan yang ada di UD 2RBL adalah anak anak muda yang kreatif dan berkeinginan untuk maju.

“Jangan ada masyarakat mengira, saya di Simalungun ini untuk memperkaya diri. Tidak sama sekali. Saya hanya berfikir bagaimana meningkatkan ekonomi dengan pendidikan, sesuai dengan visi misi bapak Bupati Rakyat Harus Sejahtera. Silahkan pelaku UMKM di Simalungun menitip hasil usahanya di UD 2RBL ini untuk dipasarkan,” ujarnya Ratnawati.

“Saya tidak ada mengambil keuntungan disini, saya hanya mendukung suami. Hanya Tuhan-lah yang mengetahu bagaimana cara saya membantu mereka. Saya mau anak Simalungun itu maju dan tampil kedepan, jangan ada yang ketinggalan,” imbuh Ratnawati.

Kepada karyawan UD 2RBL, Ratnawati berpesan agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan sopan dan keramahtamahan.

“Berikan kesan yang baik terhadap pembeli, agar usaha ini berjalan dengan baik dan sukses,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Simalungun menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun sangat mengapresiasi adanya pengusaha muda yang mau berkiprah, memberikan pemikiran untuk mengembangkan usaha-usaha di Kabupaten Simalungun.

“Dengan hadirnya UD 2RBL diharapkan dapat membangun kemitraan dengan UMKM yang ada di Simalungun. Banyak hasil industri rumahan di Simalungun yang dibina oleh TP PKK Kabupaten Simalungun,” kata Esron.

Selanjutnya Esron mengatakan bahwa Pamkab Simalungun menyadari peran TP PKK dengan berbagai kreasi dan inovasi melakukan pembinaan terhadap UMKM yang ada di Simalungun. Kepada instasi terkait mari bermitra dengan PKK agar tumbuh perekonomian di Simalungun.

“Meskipun ditengah pandemi covid saat ini, mari kita berikan semangat kepada masyarakat untuk berusaha dalam meningkatkan perekonomiannya,” ujar Sekda.

Sebelumnnya, Agus Syafrizal selaku Manager UD 2RBL mengatakan, inisiatif membuka usaha dengan jargon “Rame-rama Belanja Lo”, dilatarbelakangi karena pada masa pandemik kemarin banyaknya UMKM di Kabupaten Simalungun mengalami kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya.

“Ada sekitar 30 ribu pelaku UMKM di Simalungun, akan tetapi mereka bingung untuk memasarkan hasil produksinya. Oleh karena itu, atas dukungan dari Dekranasda Simalungun kami membuka usahan ini sebagai wadah bagi UMKM memasarkan hasil produksinya,” kata Rizal.

Rizal juga berharap dukungan dan kerjasama dari Pemkab Simalungun, manakala ada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, pihaknya siap untuk menerima pesanan-pesanan. “Usaha kita maju karena adanya dukungan dari pemerintah. Kalau mau rakyat sejahtera dukunglah UMKM,” tandasnya. (Mat)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

PLN Batam dan Polda Kepri Siap Bersinergi Jaga Pasokan Listrik Andal dan Aman

PLN Batam dan Polda Kepri Siap Bersinergi Jaga Pasokan Listrik Andal dan Aman

9Info.co.id | BATAM – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan menjelang momen hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN Batam bersinergi dengan Kepolisan Daerah (Polda) Kepulauan Riau (Kepri) untuk pengamanan instalasi dan aset ketenagalistrikan PLN Batam yang berstatus objek vital nasional.

Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., dalam sambutannya mengatakan jajaran Polda Kepri berkesempatan untuk melakukan koordinasi dengan rekan-rekan dari PLN Batam.

“Polda Kepri mengapresiasi upaya PT PLN Batam dalam menjaga pasokan listrik tetap aman selama periode Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” ucap Yan Fitri.

“Tugas Polda adalah menjaga keamanan, ketertiban masyarakat sangat penting, PLN Batam juga sangat berperan penting untuk hal tersebut,” jelas nya lagi.

Yan Fitri menambahkan bahwa PLN Batam harus melakukan tindakan preventif dan efektif terhadap peralatan-peralatan dan sistem ketenagalistrikan yang tidak hanya dilakukan pada momen Idul Fitri maupun Natal dan Tahun Baru saja, melainkan dilakukan secara rutin.

“Tindakan preventif seperti ini tidak hanya dilakukan saat mengantisipasi Ramadhan, Idul Fitri, maupun saat Nataru saja, tapi Saya yakin ini sudah menjadi bagian yang rutin yang dilakukan PLN Batam supaya pelayanannya bisa maksimal dan tidak ada gangguan listrik kepada masyarakat,” pungkas Yan Fitri.

Sementara itu Direktur Utama PT PLN Batam, Muhammad Irwansyah Putra kesuksesan PLN Batam sebagai pelaksana dalam pelayanan kelistrikan baik kegiatan operasional maupun pembangunan sistem kelistrikan Batam-Bintan, benar-benar dapat terjamin berkat sinergi yang dilakukan bersama dengan Polda Kepri.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang sudah terjalin dengan sangat baik serta dukungan penuh dari Kepolisian Daerah Riau dalam rangka menjaga pasokan listrik yang andal dan aman. Guna menunjang pertumbuhan perekonomian, meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Provinsi Kepri,” ujar Irwansyah.

Irwansyah menambahkan bahwa selama ini Polda Kepri telah memberikan dukungan penuh kepada PLN Batam dalam rangka pengamanan Aset dan Objek Vital nasional serta kegiatan operasional lainnya sehingga PLN bisa bekerja dengan aman dalam melayani masyarakat di Kepri.

Lebih lanjut, Irwansyah menyatakan bahwa antara PLN dan POLRI sudah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU). Ditingkat daerah Polda Kepri dan PLB Batam sudah meninindaklanjutinya dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

“Sehingga dalam hal sinergi antar instansi telah terbentuk tim kerjasama untuk saling mendukung antara PLN Batam dan Polda Kepri untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama. Yaitu Memenuhi kebutuhan listrik yang andal dan menunjang berbagai kegiatan masyarakat, semoga apa yang telah kita lakukan bersama Polda Kepri tersebut dapat menjadi amal ibadah kita,” tutup Irwansyah.(DN).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain