Connect with us

9info.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Sekretaris dan beberapa pengurus TP PKK Kabupaten Simalungun, Camat Tanah Jawa Maryaman Samosir dan Pangulu Balimbingan Jhon Waris Gultom secara aktif membantu masyarakat dengan melakukan penyerahan bantuan UMKM di Nagori Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa pada Rabu, 26 Januari 2022.

Ketua TP-PKK Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga memberikan bantuan berupa peralatan penggiling jahe bagi kelompok pengrajin yang ada di Nagori Balimbingan. Bantuan ini diberikan agar kelak para kaum ibu turut aktif dan kreatif dalam membantu perekonomian keluarga.

“Bantuan UMKM ini merupakan bantuan dari CSR Bank SUMUT yang diberikan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Simalungun. Dengan harapan diberikan bantuan ini, pelaku UMKM di Kabupaten Simalungun dapat meningkatkan ekonomi di masa pandemik”, ujar Ny Ratnawati.

Dalam kesempatan tersebut, beliau menyerahkan dua alat penggiling untuk membuat serbuk jahe merah. Pada kegiatan penyaluran bantuan bagi pelaku UMKM Ketua TP-PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga  menyampaikan, allhamdulillah dalam kondisi wabah Virus Covid-19 saat ini Pemkab Simalungun masih memperhatikan kesulitan yang di alami masyarakat Kabupaten Simalungun.

“Semoga dengan bantuan yang kami serahkan ini, dapat membantu para UMKM yang ada di Simalungun dan menyerap tenaga kerja guna mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kabupaten Simalungun,” ungkap Ny. Ratnawati.

Ny. Ratnawati juga menghimbau kepada Pangulu dan Ketua TP PKK Nagori agar terus melakukan perbaikan di nagorinya. Terkhusus perbaikan dalam program kerja PKK, bagaimana kelak kader PKK haruslah kreatif dan inovatif, serta bagaimana agar kader PKK dapat membantu ekonomi keluarga.

Tugas PKK yang ada di Nagori adalah menggali potensi daerah agar memiliki produk unggulan yang layak kita pasarkan. Untuk masalah pemasaran, TP PKK Kabupaten akan siap membantu. ” ungkap Ny Ratnawati mengakhiri pertemuan.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan membuat langsung serbuk jahe merah dan hasilnya sesuai dengan harapan.(Zal)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HEADLINE

Pemkab Simalungun Tampilkan Keindahan Seni Budaya Daerah

9Info.co.id | Simalungun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun pada pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-49 Tahun 2023 di Jalan Gatot Subroto, Medan, menampilkan keindahan seni dan budaya daerah Simalungun, Sabtu malam (15/7/2023)

Penampilan seni dan budaya daerah Simalungun yang bertajuk Malam Puncak Pagelaran Budaya Simalungun itu, dihadiri langsung oleh Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi ketua TP PKK Ny Ratnawati Sidabutar bersama Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani dan para pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Simalungun.

Sebelumnya, saat memasuki arena PRSU, Bupati Simalungun beserta rombongan di sambut langsung dengan penampilan Tortor Simalungun. Acara tahunan yang di selenggarakan oleh provinsi Sumatera Utara tersebut, Kabupaten Simalungun menampilkan beberapa kesenian dan kebudayaan, disamping itu Kabupaten Simalungun juga menampilkan berbagai produk unggulan di Paviliun Simalungun.

Bupati Simalungun Radiapoh H.Sinaga., S.H.,M.H.

Bupati Simalungun Radiapoh H.Sinaga., S.H.,M.H.

Bupati Simalungun saat membuka malam puncak pagelaran budaya Simalungun, dalam sambutannya mengucapkan selamat malam pesona Simalungun.  Dihadapan para pengunjung dan undangan yang hadir, Bupati menyampaikan bahwa, pertunjukan budaya Simalungun ini nantinya akan menjadi kalender tahunan di Kabupaten Simalungun.

“Jadi kita tidak perlu jauh – jauh lagi untuk berlibur, datang saja ke Simalungun yang memiliki wisata yang sangat indah,”ucap Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun juga menyampaikan berbebagai prestasi yang telah di raih oleh Kabupaten Simalungun. Menurut Bupati prestasi prestasi itu merupakan hasil kebersamaan yang telah terjalin dengan baik antara pemerintah dan masyarakat.

Di PRSU Ke - 49 Tahun 2023, Pemkab Simalungun Tampilkan Keindahan Seni Budaya Daerah

Di PRSU Ke – 49 Tahun 2023, Pemkab Simalungun Tampilkan Keindahan Seni Budaya Daerah

“Dengan kebersamaan kita, masyarakat Simalungun banyak meraih prestasi. Ini merupakan prestasi masyarakat Simalungun. Dan baru-baru ini, kita juga mendapat prestasi Manggala Karya Kencana, prestasi ini juga berkat kebersamaan kita masyarakat Simalungun,”sebut Bupati.

Bupati Simalungun berharap, melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan wisatawan di kabupaten Simalungun kedepannya. “Dan tidak hanya itu saja, diharapkan dengan kegiatan ini produk di Kabupaten Simalungun juga akan meningkatkan, sehingga perekonomian di Kabupaten Simalungun akan semakin meningkat,”kata Bupati dengan semangat.

Selanjutnya, Bupati Simalungun juga mengatakan bahwa, ada satu produk dari Simalungun yang telah menjadi minuman sehat, dan sudah menjadi minuman favorit di Ibukota yakni Minuman Sehat Jahe Merah.

“Produk jahe merah ini sudah menjadi minuman khusus di Senayan Jakarta dan ini adalah produk UMKM milenial Simalungun. Produk ini adalah minuman sehat khas Simalungun dan asli buatan anak milenial Simalungun,”sebut Bupati sembari mengajak para pengunjung untuk mencoba rasa dan kenikmatan produk jahe merah.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraan yang mendalam, dimana Kabupaten Simalungun bisa menampilkan keindahan budaya Simalungun dan dapat menampilkan produk Simalungun.

“Kami dari DPRD Simalungun sangat mendukung, dan semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengunjung di pariwisata Simalungun dan juga produk Simalungun dapat di pasarkan ke luar. Dan kita ketahui ini semua berkat upaya dari Bupati Simalungun dan juga ketua TP PKK Kabupaten Simalungun,”kata Ketua DPRD. (SM).

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain