Connect with us

9info.co.id– Danau Toba adalah danau terbesar dan terluas se-Asia tenggara bahkan nomor 3 di dunia. Kini Danau Toba telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Geopark Caldera Danau Toba.

Direktur Eksekutif Komunitas Peduli Danau Toba, Alex Alopsen menjelaskan. Semenjak Kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo danau ini pun mendapatkan perhatian yang sangat khusus. Dimulai dari penetapan bandara Silangit menjadi bandara internasional, Pembangunan jalan tol Medan-Parapat yang terus di kebut.

Selain itu pembangunan sejumlah Pelabuhan standard Internasional, food estate,  penyediaan lahan sekitar 600 hektar untuk wisatawan di Sibisa, merupakan wujud nyata keseriusan pemerintah pusat untuk menjadikan  destinasi wisata di provinsi Sumatera Utara ini menjadi destinasi wisata prioritas.

Pria yang kerap di sapa Mr.Lex ini menambahkan, “ Bagi orang seputar Danau Toba, Penetapan Badan Otorita danau Toba (BODT) dan ditetapkanya danau Toba menjadi destinasi Wisata  prioritas tidakl terlepas dari peran seorang Jenderal putra Batak kelahiran seputar danau toba yang dikenal dengan Opung Luhut ( Jend.TNI.Purn. Luhut Binsar Pandjaitan ). Saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marvest) RI”, jelasnya.

Mr Lex menambahkan, Kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo pada akhir bulan Januari 2022 lalu, sekaligus keliling Danau Toba, menjadi wujud realitabahwa pemerintah punya Political Will merealisasikan Danau Toba menjadi Monaco City nya Indonesia.

Untuk mengapresiasi Kepedulian Pemerintah ini, maka komunitas Peduli Danau Toba pun, mengambil peran untuk melakukan acara-acara berkesinambungan (Sustainable Events) di seputar Danau Toba.

Saat ini Komunitas Peduli Danau Toba, telah mencoba menggagas dan  pencanangan penyelenggaraan 22 acara, seperti, pelaksanaan Seminar Maksimalisasi Value air danau Toba, Lake Toba CSR Expo, Religion camping ground para Pendeta, Reward malam Repatriasi ulos (marulos), Pemilihan Duta Milenial danau Toba, Penanaman pohon, Napak Tilas, Launching produksi Film documenter Lake Toba to the world.

Selain Event diatas, Komunitas Peduli Danau Toba juga akan menggelar  Lomba Kreasi dan Inovasi oleh – oleh Dari danau Toba, Transformasi Budaya batak dalihan Natolu bagi generasi Milenial khususnya menyambut wisatawan pasca pandemic, Diskusi geo Politik, membudayakan Kembali aksara Batak, mengkampanyekan harga makanan dan minuman dan souvernir yang ramah di danau Toba.

“Untuk mewujudkan harapan dan program Komunitas Peduli danau Toba ini, Mr Lex pun mengharapkan dukungan seluruh pihak, sehinga kebangkitan Wisata Danau Toba bisa mensejahterakan masyarakat di Sumatera Utara”, harapnya. (Mat)

Continue Reading
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Batam

Gelar UKW, BP Batam bersama SMSI – UPN Veteran Upayakan Sinergitas dengan Insan Pers

Gelar UKW, BP Batam bersama SMSI – UPN Veteran Upayakan Sinergitas dengan Insan Pers

9Info.co.id | BATAM – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepri dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada hari Kamis (11/7/2024) bertempat di Balairungsari BP Batam.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto membuka kegiatan UKW yang akan digelar dari tanggal 11 s.d. 13 Juli 2024 dan diikuti oleh 16 wartawan media di Provinsi Kepri yang telah lolos seleksi dari 67 wartawan yang mendaftar.

“Sesuai arahan Kepala BP Batam, Bapak Muhammad Rudi, kegiatan ini sengaja digelar sebagai bentuk partisipasi BP Batam dalam mendukung kemajuan wawasan dan kompetensi insan pers di Provinsi Kepri,” ujar Purwiyanto dalam sambutannya.

“Harapan kami lewat UKW yang digelar selama tiga hari ini, rekan-rekan pers di Provinsi Kepri yang hadir dapat mendalami ilmu jurnalistik dengan baik agar dapat terus berkolaborasi bersama BP Batam dalam mewujudkan Batam Kota Baru,” sambung Purwiyanto.

Sejalan dengan Purwiyanto, Ketua Umum SMSI Pusat, H. Firdaus menuturkan pentingnya peningkatan kompetensi pada wartawan serta peranannya dalam mengawal pembangunan.

“Dengan kompetensi yang terus ditingkatkan, harapan kami rekan-rekan yang hadir bersama dengan Pimpinan Redaksi-nya dapat terus menjadikan pemerintah sebagai partner untuk bersinergi saling memajukan satu sama lain,” terang H. Firdaus.

Merespon hal-hal yang telah disampaikan, Direktur LUUPN sekaligus Penguji Pra-UKW dari UPN Veteran, Saibansah Dardani mengatakan pihaknya bersedia untuk mendukung penuh komitmen dari BP Batam untuk meningkatkan kompetensi wartawan khususnya di Provinsi Kepri ini.

“Dengan komitmen yang ditunjukkan oleh Dewan Pers dan BP Batam dalam meningkatkan kompetensi wartawan di Provinsi Kepri, kami siap mendukung penuh langkah tersebut demi kemajuan insan pers di Indonesia,” imbuh Saibansah.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Biro Humas, Promosi, dan Protokol, Ariastuty Sirait; Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Sazani serta dua Pejabat Tingkat IV di lingkungan Biro Humas, Promosi, dan Protokol. (MI)

Continue Reading
Kolom Iklan

Berita Lain